Danny dan F8

9 September 2017 19:54
Subhan Alwi Hamu.(Foto: IST)

Oleh: Subhan Alwi hamu

MOHAMMAD Ramdhan Pomanto atau biasa dikenal sebagai Danny Pomanto mungkin sedikit dari sekian banyak kepala daerah yang memiliki seabrek prestasi. Bukan hanya di atas kertas, tapi prestasi nyata dalam membangun hampir di segala bidang.

Danny adalah Wali Kota Makassar yang menjabat sejak 8 Mei 2014. Sejak saat itu sudah banyak gebrakan yang dilakukan demi kemajuan kota. Salah satunya yang paling spektakuler adalah Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) yang digelar 6 September hingga 10 September.

Spektakulernya kegiatan ini karena diikuti sekira 35 negara. Negara-negara ini berpartisipasi di booth pameran, mengirimkan performance/artis, mengirimkan perwakilan kota, mengirimkan perwakilan diplomat atau staf kedutaan, dan negara yang menandatangani perjanjian kerjasama.

Ada juga negara yang menghadiri acara pembukaan F8 dengan mengirimkan duta besarnya. Festival F8 terdiri dari 8 ragam kegiatan, yaitu Fashion, Food & Fruit, Fusion Music, Fiction Writer, Folk, Flora & Fauna, Fine Art dan Film.

Kabarnya, dalam sehari sedikitnya 300 ribu orang memadati acara yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar ini.
Begitu antusias masyarakat dari berbagai penjuru nusantara menikmati Festival F8. Dan tahun 2017 merupakan event kedua setelah gawean serupa juga digelar pada 2016.

“Event ini makin berkelas internasional dengan kehadiran tamu perwakilan dan atlet dari 35 negara, kita merasa terhormat dengan adanya dukungan pemerintah pusat,” kata Danny saat pembukaan Festival F8.

Festival F8 ini telah mempromosikan potensi wisata Makassar di kancah internasional dan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Makassar.
Kegiatan ini juga telah memperlihatkan kepada dunia bahwa produk kreasi dan inovatif di kota ini memiliki keunggulan tersendiri dan mampu bersaing.

Kita berharap keunggulan ini nantinya dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat lewat ekonomi kreatif.

Ya, Festival F8 ini telah membawa manfaat bagi semua pelaku kreatif dan masyarakat Makassar. Bahkan diyakini tahun depan angka kesejahteraan warga Makassar akan naik melonjak lagi.
Seharusnya kegiatan seperti ini bisa ditiru daerah lain, tapi dibutuhkan visi pemimpin daerahnya seperti seorang Danny Pomanto.(**)